Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen one group pretest dan posttest design.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan teknik sosiodrama dalam layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa Madrasah tsanawiyah Negeri 3 Kota Pekanbaru pada tahun pelajaran 2017/2018. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 10 orang siswa yang merupakan penelitian sampel dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian dibuat dengan skala likert dan dilakukan uji validitas, reliablitas, dan normalitas dengan menggunakan SPSS for Windows. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri siswa sebelum diberikan perlakuan teknik sosiodrma dalam layanan bimbingan kelompok berada pada kategori sedang yaitu dengan nilai rata-rata 60,9 dan setelah diberikan perlakuan teknik sosidrama dalam layanan bimbingan kelompok mengalami peningkatan menjadi kategori tinggi dengan rata-rata 96,9. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pre-test dan post-test, artinya teknik sosiodrama dalam layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa yang dilihat dari hasil analisis data bahwa thitung>ttabel , 9,050 >1,81246 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Teknik Sosiodrama, Bimbingan Kelompok, Kepercayaan Diri