MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI INQUIRING MINDS WANT TO KNOW PADA KELAS VII SMP TUNAS KARYA PEKANBARU

Main Author: Dini Sri Ramadani,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1312/1/2011_2011856.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1312/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Tunas Karya Pekanbaru Melalui StrategiInquiring Minds Want to Know.. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas yaitu suatu penelitian praktis yang bertujuan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran di kelas, salah satunya yaitu meningkatkan motivasi belajar matematika siswa dan menyamaratakan kemampuan siswa di kelas, dengan cara melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan praktik-praktik pembelajaran di kelas secara lebih profesional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Tunas Karya Pekanbaru pada semester genap tahun ajaran 2009/2010. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh peneliti. Observasi dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan dengan 3 kali tindakan dengan menerapkan Strategi Inquiring Minds Want to Know. Dokumentasi dilakukan untuk mengetahui keadaan sekolah, guru dan siswa. Data tentang hasil belajar siswa diperoleh melalui lembar tes hasil belajar matematika siswa sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar matematika dengan menggunakan Strategi Inquiring Minds Want to Know kelas VII SMP Tunas Karya Pekanbaru. Ini dapat dilihat dari peningkatan motivasi belajar siswa yaitu pada pertemuan sebelum tindakan hanya dua indikator yang terpenuhu, sedangkan setelah tindakan dengan Strategi Inquiring Minds Want to Know ada tiga indikator yang terpenuhi pada siklus I ,lima indikator pada siklus II, dan delapan indikator pada siklus III.