HUBUNGAN PROGRAM PENGAYAAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 SENTAJO RAYA KUANTAN SINGINGI
ctrlnum |
13117 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/13117/</relation><title>HUBUNGAN PROGRAM PENGAYAAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 SENTAJO RAYA KUANTAN SINGINGI</title><creator>TRI ASTUTI, </creator><subject>371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar</subject><description>Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu program pengayaan (variabel
X) dan prestasi belajar siswa (variabel Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah
untuk mengetahui ada tidaknya hubungan program pengayaan dengan prestasi
belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah
Pertama Negeri 2 Sentajo Raya Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan
Singingi, dengan rumusan masalah apakah ada hubungan yang signifikan antara
program pengayaan dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sentajo Raya?. Subjek
penelitian ini adalah Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sentajo Raya.
Sedangkan objek penelitian adalah program pengayaan dengan prestasi belajar
siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah
PertamaNegeri 2 Sentajo Raya. Untuk populasi dalam penelitian ini adalah siswa
yang berjumlah216 orang, sedangkan untuk sample dalam penelitian ini
berjumlah 50 orang yang diambil rangking 1 sampai 5 dari masing-masing kelas
yang berjumlah 10 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan
sampling non acak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket,
observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan
adalah teknik korelasi product moment. Dari hasil analisis statistic dengan
menggunakan teknik korelasi product moment dapat diketahui bahwa terdapat
hubungan yang signifikan antara program pengayaan dengan prestasi belajar
siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah
Pertama Negeri 2 Sentajo Raya dengan perolehan angka indeks 0,829 lebih besar
dari “r” table baik pada tarafsignifikan 5% = 0,273maupun pada taraf signifikan
1% =0,354.Dengan demikian maka Ha (hipotesa alternatif) diterima dan H0
(hipotesa nihil) ditolak. Jadi, ada hubungan yang signifikan antara program
pengayaan dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam di Sekolah Menengah PertamaNegeri 2 Sentajo Raya. Artinya semakin baik
program pengayaan maka semakin tinggi prestasi belajar siswa pada mata
pelajaranPendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah PertamaNegeri 2 Sentajo
Raya dan sebaliknya.

Kata Kunci: Program Pengayaan, Prestasi Belajar</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13117/1/1.%20COVER_2018580PAI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13117/2/2.%20PENGESAHAN_2018580PAI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13117/3/3.%20ABSTRAK_2018580PAI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13117/4/4.%20PENGHARGAAN_2018580PAI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13117/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018580PAI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13117/6/6.%20BAB%20I_2018580PAI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13117/7/7.%20BAB%20II_2018580PAI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13117/8/8.%20BAB%20III_2018580PAI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13117/9/9.%20BAB%20IV_2018580PAI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13117/10/10.%20BAB%20V_2018580PAI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13117/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018580PAI.pdf</identifier><identifier> TRI ASTUTI, (2018) HUBUNGAN PROGRAM PENGAYAAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 SENTAJO RAYA KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>13117</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
TRI ASTUTI, |
title |
HUBUNGAN PROGRAM PENGAYAAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 SENTAJO RAYA KUANTAN SINGINGI |
publishDate |
2018 |
topic |
371.3 Metode Belajar Mengajar Kegiatan Belajar Mengajar |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/13117/1/1.%20COVER_2018580PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13117/2/2.%20PENGESAHAN_2018580PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13117/3/3.%20ABSTRAK_2018580PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13117/4/4.%20PENGHARGAAN_2018580PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13117/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018580PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13117/6/6.%20BAB%20I_2018580PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13117/7/7.%20BAB%20II_2018580PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13117/8/8.%20BAB%20III_2018580PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13117/9/9.%20BAB%20IV_2018580PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13117/10/10.%20BAB%20V_2018580PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13117/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018580PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13117/ |
contents |
Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu program pengayaan (variabel
X) dan prestasi belajar siswa (variabel Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah
untuk mengetahui ada tidaknya hubungan program pengayaan dengan prestasi
belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah
Pertama Negeri 2 Sentajo Raya Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan
Singingi, dengan rumusan masalah apakah ada hubungan yang signifikan antara
program pengayaan dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sentajo Raya?. Subjek
penelitian ini adalah Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sentajo Raya.
Sedangkan objek penelitian adalah program pengayaan dengan prestasi belajar
siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah
PertamaNegeri 2 Sentajo Raya. Untuk populasi dalam penelitian ini adalah siswa
yang berjumlah216 orang, sedangkan untuk sample dalam penelitian ini
berjumlah 50 orang yang diambil rangking 1 sampai 5 dari masing-masing kelas
yang berjumlah 10 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan
sampling non acak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket,
observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan
adalah teknik korelasi product moment. Dari hasil analisis statistic dengan
menggunakan teknik korelasi product moment dapat diketahui bahwa terdapat
hubungan yang signifikan antara program pengayaan dengan prestasi belajar
siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah
Pertama Negeri 2 Sentajo Raya dengan perolehan angka indeks 0,829 lebih besar
dari “r” table baik pada tarafsignifikan 5% = 0,273maupun pada taraf signifikan
1% =0,354.Dengan demikian maka Ha (hipotesa alternatif) diterima dan H0
(hipotesa nihil) ditolak. Jadi, ada hubungan yang signifikan antara program
pengayaan dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam di Sekolah Menengah PertamaNegeri 2 Sentajo Raya. Artinya semakin baik
program pengayaan maka semakin tinggi prestasi belajar siswa pada mata
pelajaranPendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah PertamaNegeri 2 Sentajo
Raya dan sebaliknya.
Kata Kunci: Program Pengayaan, Prestasi Belajar |
id |
IOS7815.13117 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:10:44Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:10:44Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821993352921088 |
score |
17.538404 |