Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas dan praktikalitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD ) berbasis REACT (Relating, Experiencing, Cooperating, Applying, Transferring pada materi koloid. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D ) dengan model pengembangan 4-D. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 XIII Koto Kampar. Subjek penelitian ini adalah ahli desain media, ahli materi pembelajaran, guru kimia serta 15 orang peserta didik kelas XI MIPA dan objek penelitian adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis REACT (Relating, Experiencing, Cooperating, Applying, Transferring) pada materi koloid. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas oleh para ahli dan angket uji praktikalitas oleh guru dan peserta didik. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dikatakan layak jika memenuhi aspek valid dan praktis. Kevalidan dan kepraktisan dilihat dari hasil validasi dan praktikalisasi dengan menggunakan lembar validasi dan lembar praktikalisasi. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dihasilkan telah teruji dengan tingkat kevalidan 92,59% (sangat valid) dan tingkat kepraktisan 85% (sangat praktis). Dari hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang diujicobakan layak dan praktis untuk dijadikan bahan ajar tambahan guru di sekolah. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Model REACT, Koloid.