ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA MELALUI PENDEKATAN MULTIPLE REPRESENTASI PADA MATERI STOIKIOMETRI
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan rancangan one group pretest posttest study. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa melalui pendekatan multiple representasi pada materi stoikiometri kelas X di SMA Negeri 2 Bengkalis. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 2 Bengkalis tahun ajaran 2017/2018 berjumlah 265 siswa dari delapan kelas X yang ada di SMA Negeri 2 Bengkalis. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah secara purposive sample maka diperoleh 1 kelas sampel yaitu kelas X MS A. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes essay dalam bentuk pre-test dan post-tes, lembar observasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan peneliti terhadap pemahaman konsep siswa pada materi stoikiometri kelas X SMA Negeri 2 Bengkalis, diperoleh kesimpulan bahwa pemahaman konsep siswa melalui pendekatan multiple representasi pada materi stoikiometri kelas X di SMA Negeri 2 Bengkalis adalah 78,55% dengan kategori baik. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Pendekatan Multiple Representasi, Stoikiometri