PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam pembelajaran matematika yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif dalam memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa pada materi Kubus dan Balok. Pengembangan bahan ajar berupa lembar kerja siswa (LKS) mengikuti model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di MTs Al-Muttaqin Pekanbaru tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian adalah para ahli materi dan ahli media pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru, serta siswa MTs Al-Muttaqin Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen yang menggunakan LKS dan kelas VIII-A sebagai kelas kontrol yang tidak menggunakan LKS. Objek penelitian adalah LKS berbasis Pendekatan Konstruktivisme. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LKS yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (83,4%) dan sangat praktis (90% untuk kelompok kecil dan 88,53% untuk kelompok besar). Hasil posttest diperoleh bahwa nilai rataan siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 75,38 dan 67,31. Sedangkan nilai