Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 28 orang siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan, dengan tahapan, yaitu: perencanaan, implementasi tindakan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, yaitu dimulai dari menghimpun data, menyusun atau mengatur data, mengolah data, menyajikan data dan menganalisis data angka guna memberikan gambaran tentang suatu gejala. Berdasarkan Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini diketahui karena sebelum tindakan persentase ketuntasan siswa hanya 42,85% dengan rata-rata 67,85. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I, persentase ketuntasan siswa mengalami peningkatan yaitu 64,29% dengan ratarata 74,29. Pada siklus II persentase ketuntasan siswa kembali mengalami peningkatan yaitu 89,29% dengan rata-rata 81,43. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru. Kata Kunci: Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, Model Pembelajaran