ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KOLOID DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT- OBSERVE-EXPLAIN (POE)
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas dan mengetahui perbedaan kualitas kemampuan berpikir kritis siswa di kelas XI IPA sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE). Penelitian ini dilaksanakan pada semester dua tahun ajaran 2017/2018 di kelas XI IPA SMA Negeri 4 Pekanbaru dengan materi pokok koloid. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan desain penelitian The One Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian ini terdiri dari 36 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, lembar observasi, dan wawancara untuk memperkuat data yang diperoleh. Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara keseluruhan kualitas kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran PredictObserve-Explain (POE) dalam kategori baik. Sub kemampuan berpikir kritis siswa yang paling dominan yaitu pada sub menjawab pertanyaan klarifikasi dan menantang dengan perolehan N-Gain sebesar 0,692 (kategori sedang) serta pada sub mendeduksi dan mempertimbangkan hasil deduksi dengan perolehan N-Gain sebesar 0,690 (kategori sedang) sedangkan sub kemampuan berpikir kritis terendah terdapat pada sub mempertimbangkan apakah sumber dapat dipercaya atau tidak dengan perolehan N-Gain sebesar 0,431 (kategori sedang). Jika dilihat dari perolehan masing-masing kelompok, siswa yang berada pada kelompok tinggi memperoleh hasil yang lebih unggul dibandingkan kelompok sedang dan rendah. Kata Kunci: Predict-Observe-Explain (POE), Berpikir Kritis, Koloid.