ctrlnum 13085
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/13085/</relation><title>PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 TAMBANG</title><creator>SRI DEVI, </creator><subject>371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model&#xD; pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan penalaran matematis&#xD; ditinjau dari pengetahuan awal matematika siswa Sekolah Menengah Pertama&#xD; Negeri 3 Tambang. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan&#xD; desain yang digunakan adalah Nonequivalent Posttest-Only Control Group&#xD; Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Sekolah Menengah&#xD; Pertama Negeri 3 Tambang tahun ajaran 2017/2018 dengan sampel penelitian&#xD; kelas VII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.6 sebagai kelas kontrol.&#xD; Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan teknik&#xD; analisis data yaitu uji Anova Dua Arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat&#xD; diambil kesimpulan bahwa: 1) dan pada taraf signifikan 5%. Maka nilai yang berarti diterima, artinya terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran creative problem solving terhadap siswa yang diajar dengan&#xD; pembelajaran langsung; 2) dan pada taraf signifikan 5%. Maka nilai yang berarti diterima, artinya terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis antara siswa dengan&#xD; pengetahuan awal tinggi, sedang, dan rendah; 3)dan maka nilai yang berarti ditolak, artinya tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran creative problem solving dengan kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematika.&#xD; &#xD; Kata Kunci: Creative Problem Solving, Kemampuan Penalaran Matematis, Pengetahuan Awal Matematika</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13085/1/1.%20COVER_2018554PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13085/2/2.%20PENGESAHAN_2018554PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13085/3/3.%20ABSTRAK_2018554PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13085/4/4.%20PENGHARGAAN_2018554PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13085/5/5.%20DAFTAR%20IS1_2018554PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13085/6/6.%20BAB%20I_2018554PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13085/7/7.%20BAB%20II_2018554PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13085/8/8.%20BAB%20III_2018554PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13085/9/9.%20BAB%20IV_2018554PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13085/10/10.%20BAB%20V_2018554PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13085/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018554PMT.pdf</identifier><identifier> SRI DEVI, (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 TAMBANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>13085</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author SRI DEVI,
title PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 TAMBANG
publishDate 2018
topic 371.3 Metode Belajar Mengajar
Kegiatan Belajar Mengajar
url http://repository.uin-suska.ac.id/13085/1/1.%20COVER_2018554PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13085/2/2.%20PENGESAHAN_2018554PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13085/3/3.%20ABSTRAK_2018554PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13085/4/4.%20PENGHARGAAN_2018554PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13085/5/5.%20DAFTAR%20IS1_2018554PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13085/6/6.%20BAB%20I_2018554PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13085/7/7.%20BAB%20II_2018554PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13085/8/8.%20BAB%20III_2018554PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13085/9/9.%20BAB%20IV_2018554PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13085/10/10.%20BAB%20V_2018554PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13085/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018554PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13085/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan penalaran matematis ditinjau dari pengetahuan awal matematika siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tambang. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tambang tahun ajaran 2017/2018 dengan sampel penelitian kelas VII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.6 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan teknik analisis data yaitu uji Anova Dua Arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) dan pada taraf signifikan 5%. Maka nilai yang berarti diterima, artinya terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran creative problem solving terhadap siswa yang diajar dengan pembelajaran langsung; 2) dan pada taraf signifikan 5%. Maka nilai yang berarti diterima, artinya terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis antara siswa dengan pengetahuan awal tinggi, sedang, dan rendah; 3)dan maka nilai yang berarti ditolak, artinya tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran creative problem solving dengan kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematika. Kata Kunci: Creative Problem Solving, Kemampuan Penalaran Matematis, Pengetahuan Awal Matematika
id IOS7815.13085
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:10:44Z
last_indexed 2019-07-31T02:10:44Z
recordtype dc
_version_ 1674821993210314752
score 17.538404