PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 TAMBANG
ctrlnum |
13085 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/13085/</relation><title>PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 TAMBANG</title><creator>SRI DEVI, </creator><subject>371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model
pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan penalaran matematis
ditinjau dari pengetahuan awal matematika siswa Sekolah Menengah Pertama
Negeri 3 Tambang. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan
desain yang digunakan adalah Nonequivalent Posttest-Only Control Group
Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Sekolah Menengah
Pertama Negeri 3 Tambang tahun ajaran 2017/2018 dengan sampel penelitian
kelas VII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.6 sebagai kelas kontrol.
Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan teknik
analisis data yaitu uji Anova Dua Arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat
diambil kesimpulan bahwa: 1) dan pada taraf signifikan 5%. Maka nilai yang berarti diterima, artinya terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran creative problem solving terhadap siswa yang diajar dengan
pembelajaran langsung; 2) dan pada taraf signifikan 5%. Maka nilai yang berarti diterima, artinya terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis antara siswa dengan
pengetahuan awal tinggi, sedang, dan rendah; 3)dan maka nilai yang berarti ditolak, artinya tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran creative problem solving dengan kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematika.

Kata Kunci: Creative Problem Solving, Kemampuan Penalaran Matematis, Pengetahuan Awal Matematika</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13085/1/1.%20COVER_2018554PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13085/2/2.%20PENGESAHAN_2018554PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13085/3/3.%20ABSTRAK_2018554PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13085/4/4.%20PENGHARGAAN_2018554PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13085/5/5.%20DAFTAR%20IS1_2018554PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13085/6/6.%20BAB%20I_2018554PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13085/7/7.%20BAB%20II_2018554PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13085/8/8.%20BAB%20III_2018554PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13085/9/9.%20BAB%20IV_2018554PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13085/10/10.%20BAB%20V_2018554PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13085/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018554PMT.pdf</identifier><identifier> SRI DEVI, (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 TAMBANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>13085</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
SRI DEVI, |
title |
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 TAMBANG |
publishDate |
2018 |
topic |
371.3 Metode Belajar Mengajar Kegiatan Belajar Mengajar |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/13085/1/1.%20COVER_2018554PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13085/2/2.%20PENGESAHAN_2018554PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13085/3/3.%20ABSTRAK_2018554PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13085/4/4.%20PENGHARGAAN_2018554PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13085/5/5.%20DAFTAR%20IS1_2018554PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13085/6/6.%20BAB%20I_2018554PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13085/7/7.%20BAB%20II_2018554PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13085/8/8.%20BAB%20III_2018554PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13085/9/9.%20BAB%20IV_2018554PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13085/10/10.%20BAB%20V_2018554PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13085/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018554PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13085/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model
pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan penalaran matematis
ditinjau dari pengetahuan awal matematika siswa Sekolah Menengah Pertama
Negeri 3 Tambang. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan
desain yang digunakan adalah Nonequivalent Posttest-Only Control Group
Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Sekolah Menengah
Pertama Negeri 3 Tambang tahun ajaran 2017/2018 dengan sampel penelitian
kelas VII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.6 sebagai kelas kontrol.
Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan teknik
analisis data yaitu uji Anova Dua Arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat
diambil kesimpulan bahwa: 1) dan pada taraf signifikan 5%. Maka nilai yang berarti diterima, artinya terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran creative problem solving terhadap siswa yang diajar dengan
pembelajaran langsung; 2) dan pada taraf signifikan 5%. Maka nilai yang berarti diterima, artinya terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis antara siswa dengan
pengetahuan awal tinggi, sedang, dan rendah; 3)dan maka nilai yang berarti ditolak, artinya tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran creative problem solving dengan kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematika.
Kata Kunci: Creative Problem Solving, Kemampuan Penalaran Matematis, Pengetahuan Awal Matematika |
id |
IOS7815.13085 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:10:44Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:10:44Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821993210314752 |
score |
17.538404 |