PENGARUH MOTIVASI, PERSEPSI, DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SWALAYAN 838 MART UJUNG TANJUNG KABUPATEN ROKAN HILIR
Daftar Isi:
- Artinya tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan motivasi, persepsi, dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan di Swalayan 838 Mart Ujung Tanjung Kab. Rokan Hilir. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang dengan menggunakan metode random sampling. Dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan analisi regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan didapatkan persamaan linier berganda Y = 2,427 + 0,363 + 0,249 + 0,300, motivasi memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung (5,618) > ttabel (1,984) dan nilai signifikasi yang dihasilkan sebesar 0,000 masih berada dibawah 0,05. Selain motivasi, persepsi juga memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung (3,664) > ttabel (1,984) dan nilai signifikasi yang dihasilkan sebesar 0,000 masih berada dibawah 0,05. Sikap konsumen juga memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung (4,081) > ttabel (1,984) dan nilai signifikasi yang dihasilkan sebesar 0,000 masih berada dibawah 0,05. Nilai F hitung sebesar 75,882 dengan signifikansi 0,000. F tabel dapat diperoleh dari F tabel statistik sebesar 2,70. Dengan demikian diketahui F hitung (75,882) > F tabel (2,70) dengan Sig. (0,000) < 0,05. Artinya secara simultan atau bersamaan motivasi, persepsi dan sikap konsumen memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian pada Swalayan 838 Mart Ujung Tanjung Kab. Rokan Hilir. Nilai R sebesar 0,839 atau 83,9% berarti terdapat hubungan antara motivasi dan persepsi terhadap keputusan konsumen pada Swalayan 838 Mart Ujung Tanjung Kab. Rokan Hilir. Nilai R Square sebesar 0,703 atau 70,3% motivasi, persepsi dan sikap konsumen dapat mempengaruhi keputusan pembelian pada Swalayan 838 Mart Ujung Tanjung Kab. Rokan Hilir sementara sisanya 29,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Kata Kunci : Motivasi, Persepsi, Sikap Konsumen, Keputusan Pembelian