PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP MUHAMMADIYAH KELAS VII KECAMATAN BANGKINANG BARAT

Main Author: Neti Amalia,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1307/1/2011_2011814.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1307/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah kecamatan bangkinang barat melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah” Bagaimanakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Muhammdiyah kecamatan Bangkinang barat melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization, khususnya pada pokok Bangun Datar?”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu berkolaborasi antara guru mata pelajaran matematika dengan peneliti. Siswa kelas VII. SMP Muhammdiyah kecamatan Bangkinang yang berjumlah 25 orang dijadikan responden dalam penelitian ini. Pada penelitian ini akan dilakukan 3 siklus dengan indikator keberhasilan apabila ketuntasan klasikal mencapai >75%. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes. Peneliti memberikan tes di akhir pembelajaran. Setelah diperoleh data hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan tindakan, kemudian peneliti menganalisis data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Analisis ketuntasan berdasarkan indikator pemecahan masalah sebelum tindakan, diperoleh hasilnya dengan rata-rata sebagai berikut: indikator 1 = 56 %, indikator 2 = 56 %, indikator 3 = 41 %, indikator 4 = 13,33%, Sedangkan setelah tindakan diperoleh hasil sebagai berikut : indikator 1 = 96 %, indikator 2 = 86,6%, indikator 3 = 77,3%, indikator 4 = 64%, Berdasarkan hasil penelitian dari analisis tindakan, diperoleh kesimpulan bahwa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada aspek pemecahan masalah. Hal ini dapat dilihat dari analisis ketuntasan belajar siswa kelas VII setelah tindakan. Dari analisis ketuntasan secara individual dari 25 siswa, diperoleh 22 siswa tuntas, 3 siswa belum tuntas, dengan rata-rata ketuntasan secara klasikal 88 %.