PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 40 SIAK KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK
Main Author: | Ulfah Fitriani, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/1306/1/2011_2011801.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1306/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII.B SMP Negeri 40 Siak Kecamatan Tualang Kabupaten Siak, khususnya pada pokok bahasan garis dan sudut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimana penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 40 Siak Kecamatan Tualang Kabupaten Siak pada pokok bahasan garis dan sudut?” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan kolaborasi antara guru mata pelajaran matematika dan peneliti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.B yang berjumlah 27 siswa dan guru bidang studi matematika, sedangkan objeknya adalah pemahaman konsep matematika siswa dan penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah. Pengambilan data dilakukan sebelum dan sesudah tindakan dengan menggunakan soal-soal kuis di akhir pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data, ketuntasan pemahaman konsep matematika siswa pada siklus I, II, dan III adalah (62,9%), (74%), dan (81,4%). Hasil peningkatan yang signifikan terjadi pada siklus III, sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemahaman konsep matetamtika siswa pada pokok bahasan garis dan sudut melalui penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah.