MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BERKIRIM SALAM DAN SOAL KELAS VIII8 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 20 PEKANBARU
Main Author: | Elina Sari, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/1305/1/2011_2011797.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1305/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan minat belajar matematika pada siswa kelas VIII 8 Sekolah Menengah Pertama Negeri 20 Pekanbaru melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Teknik Berkirim Salam dan Soal. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Bagaimana Peningkatan Minat Belajar Matematika Pada Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Teknik Berkirim Salam dan Soal Kelas VIII 8 Sekolah Menengah Pertama Negeri 20 Pekanbaru pada pokok bahasan faktorisasi aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini guru berkolaborasi dengan peneliti dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 8 Sekolah Menengah Pertama Negeri 20 Pekanbaru dan objeknya adalah penerapan pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa. Penelitian diawali dengan pertemuan awal (tanpa tindakan) dan tiga siklus (dengan tindakan). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu satu kali sebelum tindakan, peneliti mengadakan observasi awal pada saat proses pembelajaran berlangsung dengan mengisi lembar observasi minat, selanjutnya peneliti menerapkan pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal, serta mengamati perkembangan minat siswa dengan mengisi lembar observasi. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan minat belajar matematika siswa kelas VIII 8 Sekolah Menengah Pertama Negeri 20 Pekanbaru melalui penerapan pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal.