Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari pengetahuan awal matematika siswa Madrasah Tsanawiyah Islamic Centre Al-Hidayah Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Islamic Centre Al-Hidayah Kampar tahun ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-1 sebagai kelas kontrol dan kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data menggunakan anova dua arah (two way anova) dan uji lanjutan (pos hoc) dengan uji scheffe. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) = > 4,058, yang berarti terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran reciprocal teaching dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Kemudian berdasarkan uji Scheffe, F = > F = 2,42, yang berarti bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan model Reciprocal teaching lebih baik dari pada belajar menggunakan pembelajaran konvensional . 2) = 128,76 > =, 3,188, yang bererti bahwa terdapat pengaruh pengetahuan awal matematika siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis. 3) > , dimana 4,21 > 3,188, yang berarti terdapat interaksi antara model pembelajaran reciprocal teaching dengan kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematika. Kata kunci: Reciprocal Teaching, Kemampuan Komunikasi Matematis, Pengetahuan Awal Matematika.