PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 27 KECAMATAN RUMBAI PEKANBARU
Main Author: | Lesmanti, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/1304/1/2011_2011796.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1304/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMPN 27 Kecamatan Rumbai Pekanbaru. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah ada pengaruh pemahaman konsep matematika antara pembelajaran aktif tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 27 Kecamatan Rumbai Pekanbaru?” Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yaitu penelitian yang bertujuan untuk menyelidiki hubungan sebab akibat dengan cara memberikan perlakuan pada salah satu kelas dan membandingkan hasilnya dengan salah satu kelas yang diberikan perlakuan yang berbeda. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 2 dan VIII 3 SMPN 27 Pekanbaru dan objek penelitian ini adalah strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH). Pengambilan data dalam penelitian ini mengunakan tes, peneliti memberikan tes yang sama kepada kedua kelas. Tes yang sama bertujuan untuk mengetahui pengaruh perlakuan yang berbeda terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran aktif tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) lebih baik dari pada pembelajaran konvensional. Ini terlihat dari mean ketuntasan pemahaman konsep pembelajaran aktif sebesar 71,28 lebih baik dari pemahaman konsep konvensional sebesar 59,14. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran aktif tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMPN 27 Kecamatan Rumbai Pekanbaru.