PENERAPAN METODE COLLABORATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI DANAU BINGKUANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Umi Kalsum, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/1303/1/2011_2011795.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1303/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII.B MTs N Danau Bingkuang melalui penerapan Metode Collaborative Learning. Adapun rumusan masalahnya adalah” Bagaimana Pemahaman Konsep Matematika Siswa kelas VII MTs N Danau Bingkuang Melalui Penerapan Metode Collaborative Learning pada Pokok Bahasan Garis dan Sudut?”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang berkolaborasi antara guru mata pelajaran matematika dan peneliti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.B MTs N Danau Bingkuang berjumlah 26 dan objek penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika siswa dan penerapan Metode Collaborative Learning. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Peneliti memberikan tes di akhir pembelajaran. Setelah diperoleh data hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan tindakan, hasil tes tersebut diberi skor berdasarkan indikator pemahaman konsep dan dianalisis. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif. Adapun analisis skor ketuntasan yang diperoleh pada pra tindakan secara klasikal adalah 36%, sedangkan skor ketuntasan pada siklus I adalah 57% dan siklus II adalah 80%. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan Garis dan Sudut melalui penerapan Metode Collaborative Learning