PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TARI BAMBU UNTUK MENINGKATKAN SIKAP BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIIIB MTS DARUL FALAH SALO TIMUR
Main Author: | Wiwin Afriansyah, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/1298/1/2011_2011786.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1298/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika. " Apakah Penerapan Pembelajaran Kooperatif Teknik Tari Bambu Dapat Meningkatkan Sikap Positif Belajar Siswa Kelas VIII MTs Darul Falah Salo Timur Kec. Salo Pada Pokok Bahasan Lingkaran?". Dimana penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu suatu penelitian praktis yang bertujuan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran di kelas dengan cara melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan praktik-praktik pembelajaran di kelas secara lebih profesional. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas VIII MTs Darul Falah Salo Timur pada semester genap tahun ajaran 2009/2010. Instrumen yang digunakan dalam penlitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh Peneliti dan dibantu satu observer lain dan angket umtuk mengukur sikap positif belajar. Observasi dilakukan sebanyak 5 kali pertemuan dengan 4 kali tindakan dan angket terdiri dari 20 pernyataan yang diadakan sebelum tindakan dan pada siklus keempat. Dokumentasi dilakukan untuk mengetahui keadaan sekolah, guru dan siswa. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika. Ini dapat dilihat dari peningkatan hasil angket sikap positif yaitu pada pertemuan sebelum tindakan 0 0 51 , 64 sedangkan pada siklus keempat persentase jumlah siswa yang mencapai indikator jumlah keseluruhan siswa 0 0 51 , 83 dan mencapai target yang diinginkan.