Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kecerdasan emosional siswa jurusan Akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional siswa jurusan Akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Satria Pekanbaru. Dan untuk mengetahui besar pengaruh pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional siswa jurusan Akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Satria Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan orang tua siswa Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Satria Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah pengaruh pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional siswa jurusan Akuntansi. Populasinya adalah seluruh siswa jurusan akuntansi yang berjumlah 144 orang dan orang tua siswa, sedangkan sampelnya berjumlah 106 orang yang diambil secara ramdom sampling. Pengumpulan data diambil melalui angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier sederhana, metode product moment, dan penulis menggunakan bantuan perangkat komputer melalui program SPSS (Statistical Package For the Scial Sciens) versi 17.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis diperoleh, korelasi product moment dengan r hitung sebesar 0,408 lebih besar dari r tabel pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0,195 dan 0,256 atau (0,195< 0,408 >0,256) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional siswa jurusan Akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Satria Pekanbaru, dengan kontribusi pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional siswa jurusan Akuntansi adalah 0,166 X 100%= 16,6% dan selebihnya yaitu 83,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Kecerdasan Emosional Siswa