PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Problem Based Instruction dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, jika ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa yang tinggi, sedang, dan rendah pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen yang bertujuan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu dengan cara memberikan perlakuan pada salah satu kelas dan membandingkan hasilnya dengan salah satu kelas yang diberikan perlakuan yang berbeda. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran PBI dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional; 2) Tidak terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran PBI dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional jika ditinjau dari kemampuan awal matematis tinggi; 3) Terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran PBI dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional jika ditinjau dari kemampuan awal sedang; 4) Terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran PBI dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional jika ditinjau dari kemampuan awal rendah. Dengan demikian secara umum pembelajaran model Problem Based Instruction berpengaruh terhadap kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kampar. Kata kunci: Problem Based Instruction, Berpikir Kreatif Matematis, Kemampuan Awal Matematis.