PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN SELF-EFFICACY MATEMATIS SISWA SMP DWI SEJAHTERA PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep dan self-efficacy siswa kelas VIII SMP Dwi Sejahtera Pekanbaru. Alasan tersebut diperoleh dari hasil wawancara yang dilakukan kepada guru mata pelajaran matematika kelas VIII SMP Dwi Sejahtera Pekanbaru serta hasil analisis tes pemahaman konsep dan angket self-efficacy awal matematis siswa yang ternyata masih rendah. Untuk mengatasi hal tersebut diterapkan model Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat ada tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan self-efficacy matematis antara siswa yang diterapkan pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) dengan siswa yang diterapkan pembelajaran konvensional. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Instrumen yang digunakan adalah tes untuk mengukur pemahaman konsep matematika siswa dan angket untuk mengukur self-efficacy matematis siswa setelah diberi perlakuan. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat diambil kesimpulan yaitu: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang belajar menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Hasil perhitungan uji-t diperoleh