PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS MODEL-ELICITING ACTIVITIES (MEAs) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan pemahaman konsep untuk memahami dan memecahkan masalah mulai dari yang sederhana hingga yang lebih rumit. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa lembar kerja siswa (LKS) dalam pembelajaran matematika yang valid, praktis, dan efektif, serta dapat memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi kubus dan balok. Pengembangan LKS mengikuti model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMPN 3 Pekanbaru tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian adalah para ahli materi dan ahli media pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru, serta siswa SMPN 3 Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen serta kelas VIII 3 sebagai kelas kontrol.Objek penelitian adalah LKS matematika berbasis Pendekatan Model-Eliciting Activities. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS matematika berbasis Pendekatan Model-Eliciting Activities ini telah valid, praktis, efektif dan dapat memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs), Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.