Daftar Isi:
  • Kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika merupakan suatu hal yang penting, karena kemampuan komunikasi matematis dapat mempermudah siswa dalam memecahkan masalah. Penelitian ini didasarkan pada permasalahan rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa dan masih terbatasnya bahan ajar yang digunakan saat proses pembelajaran. Upaya penyelesaian dari permasalahan tersebut dilakukan penelitian dengan mengembangkan sebuah bahan ajar berupa modul matematika berbasis model Learning Cycle “5E”. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul matematika berbasis model Learning Cycle “5E” yang valid, praktis, efektif dan dapat memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di MTsN 4 Kampar. Subjek penelitian ini adalah para ahli materi dan ahli teknologi pembelajaran serta siswa kelas VIII.D dan VIII.E MTsN 4 Kampar. Objek penelitian ini adalah modul matematika berbasis model Learning Cycle “5E”. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal post-test. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas modul matematika yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid dan sangat praktis. Sedangkan untuk analisis efektifitas diperoleh