PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PROBING-PROMPTING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 1 ROKAN IV KOTO
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan representasi matematis siswa SMA. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar kerja siswa (LKS) matematika berbasis Probing-Prompting yang valid, praktis dan efektif untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE ( Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dilakukan di SMAN 1 Rokan IV Koto dengan subjek penelitian adalah para ahli materi dan media pembelajaran yang berasal dari kalangan dosen dan guru, serta siswa SMAN 1 Rokan IV Koto. Sampel penelitian adalah kelas x ipa 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas ipa 2 sebagai kelas kontrol. Objek penelitian adalah LKS matematika berbasis Probing-Prompting . instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal tes. Data yang diperoleh di analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LKS matematika berbasis Probing-Prompting yang dikembangka tergolong dalam kategori sangat valid (88,13%), praktis (94,73% untuk kelompok kecil dan 90,11% untuk kelompok besar). Sedangkan berdasarkan hasil uji inferensial diperoleh dengan dk = 47 dan taraf signifikan 5% atau 0,05 sehingga sehingga diterima dan ditolak. Artinya terdapat perbedaan hasil tes kemampuan representasi matematis antara siswa kelas eksperimen dengan rata-rata skor posttes 82,4 dan siswa dengan kelas kontrol dengan rata-rata skor postes 63,75. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS matematika berbasis Probing-Prompting ini telah valid,praktis dan efektif. Kata Kunci: LKS, Model Pembelajaran Probing-Prompting, Kemampuan Representasi Matematis.