PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU
ctrlnum |
12853 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/12853/</relation><title>PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU</title><creator>ASMAUL HUSNI, </creator><subject>371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan
Open-Ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari minat
belajar matematika siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru. Penelitian ini
merupakan penelitian Quasi-Eksperimen dan desain yang digunakan adalah The
Nonequivalent Postest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini
adalah kelas VIII 4 sebagai kelas Eksperimen danKelas VIII 6 sebagai kelas
Kontrol di Sekolah Menengah Pertama Negeri 13 Pekanbaru. Teknik sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Teknik analisis data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji-t untuk mengetahui
kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dan annova dua arah untuk melihat
interaksi antara pendekatan Open-Ended dan minat belajar matematika terhadap
kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Instrumen yang digunakan adalah
tes uraian untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dan angket untuk mengukur minat belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil analisdata dapat diambil kesimpulan bahwa: 1)dan Maka nilai nilai yang berarti H1 diterima dan Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran Open-Ended dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. 2) dimana maka H1 ditolak dan Ho diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak Terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran Open-Ended dan minat belajar siswa dalam mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.

Kata kunci : Open-Ended Approach, Kemampuan Berpikir Kreatif
Matematis, Minat Belajar, Eksperimen, SMP</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12853/1/1.%20COVER_2018422PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12853/2/2.%20PENGESAHAN_2018422PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12853/3/3.%20ABSTRAK_2018422PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12853/4/4.%20PENGHARGAAN_2018422PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12853/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018422PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12853/6/6.%20BAB%20I_2018422PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12853/7/7.%20BAB%20II_2018422PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12853/8/8.%20BAB%20III_2018422PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12853/9/9.%20BAB%20IV_2018422PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12853/10/10.%20BAB%20V_2018422PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12853/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018422PMT.pdf</identifier><identifier> ASMAUL HUSNI, (2018) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>12853</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
ASMAUL HUSNI, |
title |
PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU |
publishDate |
2018 |
topic |
371.3 Metode Belajar Mengajar Kegiatan Belajar Mengajar |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/12853/1/1.%20COVER_2018422PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12853/2/2.%20PENGESAHAN_2018422PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12853/3/3.%20ABSTRAK_2018422PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12853/4/4.%20PENGHARGAAN_2018422PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12853/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018422PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12853/6/6.%20BAB%20I_2018422PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12853/7/7.%20BAB%20II_2018422PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12853/8/8.%20BAB%20III_2018422PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12853/9/9.%20BAB%20IV_2018422PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12853/10/10.%20BAB%20V_2018422PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12853/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018422PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12853/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan
Open-Ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari minat
belajar matematika siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru. Penelitian ini
merupakan penelitian Quasi-Eksperimen dan desain yang digunakan adalah The
Nonequivalent Postest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini
adalah kelas VIII 4 sebagai kelas Eksperimen danKelas VIII 6 sebagai kelas
Kontrol di Sekolah Menengah Pertama Negeri 13 Pekanbaru. Teknik sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Teknik analisis data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji-t untuk mengetahui
kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dan annova dua arah untuk melihat
interaksi antara pendekatan Open-Ended dan minat belajar matematika terhadap
kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Instrumen yang digunakan adalah
tes uraian untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dan angket untuk mengukur minat belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil analisdata dapat diambil kesimpulan bahwa: 1)dan Maka nilai nilai yang berarti H1 diterima dan Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran Open-Ended dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. 2) dimana maka H1 ditolak dan Ho diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak Terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran Open-Ended dan minat belajar siswa dalam mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.
Kata kunci : Open-Ended Approach, Kemampuan Berpikir Kreatif
Matematis, Minat Belajar, Eksperimen, SMP |
id |
IOS7815.12853 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:10:35Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:10:35Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821991508475904 |
score |
17.538404 |