PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT SISWA MADRASAH TSANAWIYAH
ctrlnum |
12850 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/12850/</relation><title>PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT SISWA MADRASAH TSANAWIYAH</title><creator>SUSI HARYANTI, </creator><subject>371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar</subject><description>Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan komponen
kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa dalam pembelajaran. Salah satu upaya
untuk menyikapi masalah kemampuan pemecahan masalah matematis adalah melalui
pemilihan model pembelajaran. Model Problem Based Instruction merupakan suatu
model pembelajaran yang didasarkan pada banyaknya permasalahan yang
membutuhkan penyelidikan nyata dari permasalahan yang nyata. Penelitian ini
bertujuan untuk menyelidiki perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis
antara siswa yang mengikuti model Problem Based Instruction dengan siswa yang
mengikuti pembelajaran konvensional jika ditinjau dari Adversity Quotient tinggi,
sedang, dan rendah pada siswa Madrasah Tsanawiyah. Penelitian ini merupakan
penelitian Quasy Eksperimen. uji-t untuk hipotesis 2 dan 4, uji-t’ untuk hipotesis 1
dan uji Mann Whitney U untuk hipotesis 3. Berdasarkan hasil analisis data dapat
diambil kesimpulan bahwa: 1) nilai</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12850/1/1.%20COVER_2018419PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12850/2/2.%20PENGESAHAN_2018419PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12850/3/3.%20ABSTRAK_2018419PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12850/4/4.%20PENGHARGAAN_2018419PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12850/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018419PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12850/6/6.%20BAB%20I_2018419PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12850/7/7.%20BAB%20II_2018419PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12850/8/8.%20BAB%20III_2018419PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12850/9/9.%20BAB%20IV_2018419PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12850/10/10.%20BAB%20V_2018419PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12850/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018419PMT.pdf</identifier><identifier> SUSI HARYANTI, (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT SISWA MADRASAH TSANAWIYAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>12850</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
SUSI HARYANTI, |
title |
PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT SISWA MADRASAH TSANAWIYAH |
publishDate |
2018 |
topic |
371.3 Metode Belajar Mengajar Kegiatan Belajar Mengajar |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/12850/1/1.%20COVER_2018419PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12850/2/2.%20PENGESAHAN_2018419PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12850/3/3.%20ABSTRAK_2018419PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12850/4/4.%20PENGHARGAAN_2018419PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12850/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018419PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12850/6/6.%20BAB%20I_2018419PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12850/7/7.%20BAB%20II_2018419PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12850/8/8.%20BAB%20III_2018419PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12850/9/9.%20BAB%20IV_2018419PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12850/10/10.%20BAB%20V_2018419PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12850/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018419PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12850/ |
contents |
Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan komponen
kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa dalam pembelajaran. Salah satu upaya
untuk menyikapi masalah kemampuan pemecahan masalah matematis adalah melalui
pemilihan model pembelajaran. Model Problem Based Instruction merupakan suatu
model pembelajaran yang didasarkan pada banyaknya permasalahan yang
membutuhkan penyelidikan nyata dari permasalahan yang nyata. Penelitian ini
bertujuan untuk menyelidiki perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis
antara siswa yang mengikuti model Problem Based Instruction dengan siswa yang
mengikuti pembelajaran konvensional jika ditinjau dari Adversity Quotient tinggi,
sedang, dan rendah pada siswa Madrasah Tsanawiyah. Penelitian ini merupakan
penelitian Quasy Eksperimen. uji-t untuk hipotesis 2 dan 4, uji-t’ untuk hipotesis 1
dan uji Mann Whitney U untuk hipotesis 3. Berdasarkan hasil analisis data dapat
diambil kesimpulan bahwa: 1) nilai |
id |
IOS7815.12850 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:10:35Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:10:35Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821991496941568 |
score |
17.538404 |