PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KAMPAR
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap pemahaman konsep matematis berdasarkan minat belajar matematika siswa Sekolah Menengah Pertama Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen dengan desain penelitian the nonequivalent pretest-posttes control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bangkinang Kota. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik porposive sampling, terpilih kelas VIII 5 sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII 6 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, angket untuk mengukur minat belajar matematika siswa, dan lembar observasi berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa untuk menentukan “ada atau tidak adanya” kegiatan-kegiatan yang harus dilaksanakan selama proses pembelajaran berlangsung dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, teknik angket dan teknik observasi.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t untuk mengetahui kemampuan pemahaman kosep matematis siswa. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Quantum Teaching dengan siswa yang mengikuti pembelajaran yang diterapkan guru dan terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa berminat belajar tinggi, sedang dan rendah yang belajar mengikuti pembelajaran dengan model Quantum Teaching dengan siswa berminat belajar tinggi, sedang dan rendah yang belajar mengikuti pembelajaran yang diterapkan guru. Kata kunci: Quantum Teaching, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Minat Belajar.