Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kinerja guru rumpun ilmu pengetahuan sosial (IPS). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Bangkinang Kota. Subjek penelitian ini adalah guru Sekolah Menengah AtasNegeri 2 Bangkinang Kota. Objek penelitian ini adalah pengaruh gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kinerja guru rumpun ilmu pengetahuan sosial (IPS). Penelitian ini penelitian populasi dengan jumlah subjek sebanyak 30 orang guru rumpun (IPS). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis diperoleh rhitung>rtabel pada taraf signifikan 5% dan rhitung<rtabel pada taraf signifikan 1% (0,374<0,693>0,478)yang bearti bahwa terdapat pengaruh gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kinerja guru rumpun Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Besar persentase pengaruh gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kinerja guru rumpun ilmu pengetahuan sosial(IPS)sebesar 46,2%, sedangkan sisanya sebesar 53,8% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitiani ni. Kata Kunci: Demokratis, Kinerja Guru