PENGARUH TIPE KEPEMIMPINAN GURU TERHADAP IKLIM KELAS YANG KONDUSIF DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR TIMUR
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi masih ada guru yang belum maksimal dalam memimpin di dalam kelas dan juga masih ditemukanya iklim kelas yang belum kondusif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tipe kepemimpinan guru terhadap iklim kelas yang kondusif di sekolah menegah atas negeri 1 kampar timur. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh guru rumpun IPS dengan populasi sebanyak 30 orang guru. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis ex post facto. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini yaitu tipe kepemimpinan guru, variabel terikat (Y) adalah iklim kelas yang kondusif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah proposive sampling, teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh yang signifikan antara tipe kepemimpinan guru terhadap iklim kelas yang kondusif di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 kampar timur. Hal. Adapun besar kontribusi yang disumbangkan tipe kepemimpinan guru terhadap iklim kelas yang kondusif sebesar 53,6%., dan sisanya sebesar 46,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini,dapat diartikan bahwa semakin tinggi tipe kepemimpinan guru,maka semakin tinggi pula iklim kelas yang kondusif. Kata kunci: Tipe Kepemimpinan Guru, Iklim Kelas yang Kondusif.