PENERAPAN METODE NON-DIRECTIVE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 006 SUNGAI BULUH KECAMATAN SINGINGI HILIR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan metode Non-Directivedi Kelas III Sekolah Dasar Negeri 006 Sungai Buluh Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa, diantaranya kurangnya partisipasi siswa untuk mengajukan pertanyaan saat diberi kesempatan untuk bertanya, hanya sebagian siswa yang menjawab pertanyaan dari guru, sedikinya siswa yang menyimpulkan pembelajaran ketika telah usai, dan hanya sebagian siswa yang mengerjakan tugas yang diberikan guru.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah metode Non-Directive dan keaktifan belajar. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan analisis statistic deskriptif.Berdasarkan hasil penelitiandananalisis data, keaktifanbelajarsiswapadapembelajaran Ilmu Pengetahuan AlamSebelumtindakankeaktifan belajarsiswahanya50% atauberadapadakategori “Kurang”. Setelah di lakukan tindakan keaktifan belajarpada siklus I61,90% dengan katergori “ Cukup” padasiklus II keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 83,80% dengan kategori “ Baik”. Kata Kunci :Keaktifan Belajar, Non-Directive, dan Ilmu Pengetahuan Alam.