PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TERHADAP PENINGKATAN MOTIASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 32 PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh layanan Penguasaan Konten telah di laksanakan dengan baik, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikanantara layanan penguasaan konten terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 32 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kolerasi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A dan VIII B yang berjumlah 70 siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah Pengaruh layanan penguasaan konten terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII A dan VIII B yang berjumlah 70 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis terbukti bahwa ada pengaruh yang signifikan antara layanan penguasaan konten terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 32 Pekanbaru yakni sebesar 0,310 dengan tingkat probabilitas 0,009. Hal ini diperoleh dari > pada taraf signifikan 5% dan 1% (0,232 < 0,310 > 0,302). Besar persentase pengaruh layanan penguasaan konten terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas VIII sebesar 9% sedangkan sisanya sebesar 91% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Layanan Penguasaan Konten, Motivasi Belajar