PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS GUIDED DISCOVERY UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 KAMPAR TIMUR
Daftar Isi:
- Penelitian ini didasarkan pada permasalahan rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa dan masih terbatasnya bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran. Upaya penyelesaian dari permasalahan tersebut dilakukan penelitian dengan mengembangkan Lembar Kerja Siswa berbasis Guided Discovery. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa berbasis metode Guided Discovery yang valid dan praktis serta melihat perbedaan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang menggunakan Lembar Kerja Siswa berbasis Guided Discovery dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kampar Timur. Subjek penelitian adalah 7 siswa kelompok kecil, dan kelas IX.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX.3 sebagai kelas kontrol. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas, angket kepraktisan dan soal tes. Berdasarkan uji validitas, Lembar Kerja Siswa berbasis Guided Discovery dinyatakan sangat valid dengan tingkat persentase 87,61%. Berdasarkan uji kepraktisan, Lembar Kerja Siswa berbasis Guided Discovery dinyatakan sangat praktis dengan tingkat persentase kelompok kecil 92,68% dan tingkat persentase pada kelompok besar 87,25%. Berdasarkan tes kemapuan koneksi matematis, diperoleh nilai