Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan pemahaman matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional jika ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kampar Kiri Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen yang bertujuan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu dengan cara memberikan perlakuan pada salah satu kelas dan membandingkan hasilnya dengan salah satu kelas yang diberikan perlakuan yang berbeda. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t, korelasi (Product Moment), dan Anova dua arah. Instrument yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur tingkat pemahaman konsep, dan angket untuk mengukur motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran SSCS dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; 2) Terdapat perbedaan motivasi belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol; 3) Terdapat konstribusi antara motivasi belajar dengan pemahaman konsep matematis; 4) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi terhadap pemahaman konsep matematis. Dengan demikian secara umum model pembelajaran SSCS berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis yang ditinjau dari motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Kampar Kiri Tengah. Kata kunci: Search Solve Create Share, Pemahaman Konsep Matematis, Motivasi Belajar Siswa.