UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA TERISOLIR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 7 PEKANBARU
ctrlnum |
12813 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/12813/</relation><title>UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA TERISOLIR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 7 PEKANBARU</title><creator>NURHAYATUL HUSNA, </creator><subject>371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) upaya guru bimbingan 
konseling dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa terisolir di SMA Negeri 7
Pekanbaru, (2) faktor-faktor yang mendukung dan menghambat upaya guru
bimbingan konseling dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa terisolir di
SMA Negeri 7 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif
kualitatif. Informan utama penelitian adalah tiga orang guru bimbingan konseling
dan informan pendukungnya adalah 2 orang siswa terisolir. Untuk mengumpulkan
data digunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data wawancara dianalisa
dengan cara kualitatif kemudian disimpulkan secara kualitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan
kepercayaan diri siswa terisolir di SMA Negeri 7 Pekanbaru adalah (1)
melaksanakan layanan bimbingan konseling terhadap siswa, khususnya siswa
yang yang kepercayaan dirinya rendah disebabkan terisolir, seperti layanan
konseling individual, layanan klasikal serta layanan bimbingan dan konseling
kelompok, (2) melaksanakan teknik-teknik yang ada dalam bimbingan konseling
yang sesuai terhadap permasalahan yang dialami siswa, (3) serta memberikan
semangat dan motivasi kepada siswa. Temuan penelitian mengenai faktor-faktor
yang mendukung dan menghambat upaya guru bimbingan konseling dalam
meningkatkan kepercayaan diri siswa terisolir di SMA Negeri 7 Pekanbaru adalah
(1) faktor internal seperti latar belakang pendidikan guru bimbingan konseling
yang sesuai dengan bidang yang digelutinya dan pengalamannya seperti menjalin
kerjasama, (2) faktor eksternal seperti fasilitas yang tersedia hanya ruangan BK
walaupun tidak lengkap dan tidak ada dana khusus untuk pelaksanaan kegiatan
BK. Oleh karena itu perlu adanya perhatian dari pihak sekolah terhadap pelayanan
bimbingan konseling.

Kata Kunci : Guru Bimbingan Konseling, Kepercayaan Diri, Siswa Terisolir</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12813/1/1.%20COVER_2018384KI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12813/2/2.%20PENGESAHAN_2018384KI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12813/3/3.%20ABSTRAK_2018384KI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12813/4/4.%20PENGHARGAAN_2018384KI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12813/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018384KI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12813/6/6.%20BAB%20I_2018384KI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12813/7/7.%20BAB%20II_2018384KI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12813/8/8.%20BAB%20III_2018384KI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12813/9/9.%20BAB%20IV_2018384KI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12813/10/10.%20BAB%20V_2018384KI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12813/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018384KI.pdf</identifier><identifier> NURHAYATUL HUSNA, (2018) UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA TERISOLIR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 7 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>12813</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
NURHAYATUL HUSNA, |
title |
UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA TERISOLIR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 7 PEKANBARU |
publishDate |
2018 |
topic |
371 Institusi Pendidikan Sekolah dan Aktifitasnya |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/12813/1/1.%20COVER_2018384KI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12813/2/2.%20PENGESAHAN_2018384KI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12813/3/3.%20ABSTRAK_2018384KI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12813/4/4.%20PENGHARGAAN_2018384KI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12813/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018384KI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12813/6/6.%20BAB%20I_2018384KI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12813/7/7.%20BAB%20II_2018384KI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12813/8/8.%20BAB%20III_2018384KI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12813/9/9.%20BAB%20IV_2018384KI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12813/10/10.%20BAB%20V_2018384KI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12813/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018384KI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12813/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) upaya guru bimbingan
konseling dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa terisolir di SMA Negeri 7
Pekanbaru, (2) faktor-faktor yang mendukung dan menghambat upaya guru
bimbingan konseling dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa terisolir di
SMA Negeri 7 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif
kualitatif. Informan utama penelitian adalah tiga orang guru bimbingan konseling
dan informan pendukungnya adalah 2 orang siswa terisolir. Untuk mengumpulkan
data digunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data wawancara dianalisa
dengan cara kualitatif kemudian disimpulkan secara kualitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan
kepercayaan diri siswa terisolir di SMA Negeri 7 Pekanbaru adalah (1)
melaksanakan layanan bimbingan konseling terhadap siswa, khususnya siswa
yang yang kepercayaan dirinya rendah disebabkan terisolir, seperti layanan
konseling individual, layanan klasikal serta layanan bimbingan dan konseling
kelompok, (2) melaksanakan teknik-teknik yang ada dalam bimbingan konseling
yang sesuai terhadap permasalahan yang dialami siswa, (3) serta memberikan
semangat dan motivasi kepada siswa. Temuan penelitian mengenai faktor-faktor
yang mendukung dan menghambat upaya guru bimbingan konseling dalam
meningkatkan kepercayaan diri siswa terisolir di SMA Negeri 7 Pekanbaru adalah
(1) faktor internal seperti latar belakang pendidikan guru bimbingan konseling
yang sesuai dengan bidang yang digelutinya dan pengalamannya seperti menjalin
kerjasama, (2) faktor eksternal seperti fasilitas yang tersedia hanya ruangan BK
walaupun tidak lengkap dan tidak ada dana khusus untuk pelaksanaan kegiatan
BK. Oleh karena itu perlu adanya perhatian dari pihak sekolah terhadap pelayanan
bimbingan konseling.
Kata Kunci : Guru Bimbingan Konseling, Kepercayaan Diri, Siswa Terisolir |
id |
IOS7815.12813 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:10:32Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:10:32Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821991342800896 |
score |
17.538404 |