ctrlnum 12813
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/12813/</relation><title>UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA TERISOLIR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 7 PEKANBARU</title><creator>NURHAYATUL HUSNA, </creator><subject>371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) upaya guru bimbingan &#xD; konseling dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa terisolir di SMA Negeri 7&#xD; Pekanbaru, (2) faktor-faktor yang mendukung dan menghambat upaya guru&#xD; bimbingan konseling dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa terisolir di&#xD; SMA Negeri 7 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif&#xD; kualitatif. Informan utama penelitian adalah tiga orang guru bimbingan konseling&#xD; dan informan pendukungnya adalah 2 orang siswa terisolir. Untuk mengumpulkan&#xD; data digunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data wawancara dianalisa&#xD; dengan cara kualitatif kemudian disimpulkan secara kualitatif. Hasil penelitian&#xD; menunjukkan bahwa peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan&#xD; kepercayaan diri siswa terisolir di SMA Negeri 7 Pekanbaru adalah (1)&#xD; melaksanakan layanan bimbingan konseling terhadap siswa, khususnya siswa&#xD; yang yang kepercayaan dirinya rendah disebabkan terisolir, seperti layanan&#xD; konseling individual, layanan klasikal serta layanan bimbingan dan konseling&#xD; kelompok, (2) melaksanakan teknik-teknik yang ada dalam bimbingan konseling&#xD; yang sesuai terhadap permasalahan yang dialami siswa, (3) serta memberikan&#xD; semangat dan motivasi kepada siswa. Temuan penelitian mengenai faktor-faktor&#xD; yang mendukung dan menghambat upaya guru bimbingan konseling dalam&#xD; meningkatkan kepercayaan diri siswa terisolir di SMA Negeri 7 Pekanbaru adalah&#xD; (1) faktor internal seperti latar belakang pendidikan guru bimbingan konseling&#xD; yang sesuai dengan bidang yang digelutinya dan pengalamannya seperti menjalin&#xD; kerjasama, (2) faktor eksternal seperti fasilitas yang tersedia hanya ruangan BK&#xD; walaupun tidak lengkap dan tidak ada dana khusus untuk pelaksanaan kegiatan&#xD; BK. Oleh karena itu perlu adanya perhatian dari pihak sekolah terhadap pelayanan&#xD; bimbingan konseling.&#xD; &#xD; Kata Kunci : Guru Bimbingan Konseling, Kepercayaan Diri, Siswa Terisolir</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12813/1/1.%20COVER_2018384KI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12813/2/2.%20PENGESAHAN_2018384KI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12813/3/3.%20ABSTRAK_2018384KI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12813/4/4.%20PENGHARGAAN_2018384KI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12813/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018384KI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12813/6/6.%20BAB%20I_2018384KI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12813/7/7.%20BAB%20II_2018384KI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12813/8/8.%20BAB%20III_2018384KI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12813/9/9.%20BAB%20IV_2018384KI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12813/10/10.%20BAB%20V_2018384KI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12813/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018384KI.pdf</identifier><identifier> NURHAYATUL HUSNA, (2018) UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA TERISOLIR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 7 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>12813</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author NURHAYATUL HUSNA,
title UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA TERISOLIR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 7 PEKANBARU
publishDate 2018
topic 371 Institusi Pendidikan
Sekolah dan Aktifitasnya
url http://repository.uin-suska.ac.id/12813/1/1.%20COVER_2018384KI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/12813/2/2.%20PENGESAHAN_2018384KI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/12813/3/3.%20ABSTRAK_2018384KI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/12813/4/4.%20PENGHARGAAN_2018384KI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/12813/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018384KI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/12813/6/6.%20BAB%20I_2018384KI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/12813/7/7.%20BAB%20II_2018384KI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/12813/8/8.%20BAB%20III_2018384KI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/12813/9/9.%20BAB%20IV_2018384KI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/12813/10/10.%20BAB%20V_2018384KI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/12813/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018384KI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/12813/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) upaya guru bimbingan konseling dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa terisolir di SMA Negeri 7 Pekanbaru, (2) faktor-faktor yang mendukung dan menghambat upaya guru bimbingan konseling dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa terisolir di SMA Negeri 7 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Informan utama penelitian adalah tiga orang guru bimbingan konseling dan informan pendukungnya adalah 2 orang siswa terisolir. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data wawancara dianalisa dengan cara kualitatif kemudian disimpulkan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa terisolir di SMA Negeri 7 Pekanbaru adalah (1) melaksanakan layanan bimbingan konseling terhadap siswa, khususnya siswa yang yang kepercayaan dirinya rendah disebabkan terisolir, seperti layanan konseling individual, layanan klasikal serta layanan bimbingan dan konseling kelompok, (2) melaksanakan teknik-teknik yang ada dalam bimbingan konseling yang sesuai terhadap permasalahan yang dialami siswa, (3) serta memberikan semangat dan motivasi kepada siswa. Temuan penelitian mengenai faktor-faktor yang mendukung dan menghambat upaya guru bimbingan konseling dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa terisolir di SMA Negeri 7 Pekanbaru adalah (1) faktor internal seperti latar belakang pendidikan guru bimbingan konseling yang sesuai dengan bidang yang digelutinya dan pengalamannya seperti menjalin kerjasama, (2) faktor eksternal seperti fasilitas yang tersedia hanya ruangan BK walaupun tidak lengkap dan tidak ada dana khusus untuk pelaksanaan kegiatan BK. Oleh karena itu perlu adanya perhatian dari pihak sekolah terhadap pelayanan bimbingan konseling. Kata Kunci : Guru Bimbingan Konseling, Kepercayaan Diri, Siswa Terisolir
id IOS7815.12813
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:10:32Z
last_indexed 2019-07-31T02:10:32Z
recordtype dc
_version_ 1674821991342800896
score 17.538404