PENERAPAN METODE GALERI BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 KAMPAR KECAMATAN KUOK KABUPATEN KAMPAR
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan metode galeri belajar di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kampar Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan madrasah yaitu 75. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru 1 dan siswa 16. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode galeri belajar dan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan tekhnik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan dengan penerapan metode galeri belajar menunjukkan hasil belajar siswa sebelum tindakan mencapai rata-rata 70,31 dengan ketuntasan klasikal 43,75%. Kemudian setelah menerapkan metode galeri belajar pada siklus I hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 79,37 dengan ketuntasan klasikal 68,75%. pada siklus II hasil belajar siswa semakin meningkat dengan rata-rata 88,75 dengan ketuntasan klasikal 93,75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode galeri belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kampar Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Metode Galeri Belajar, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial