Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan berfikir kreatif matematis siswa SMP Teknologi Pekanbaru. Kemampuan berpikir kreatif perlu untuk dikembangkan dan diasah dalam pembelajaran matematika agar siswa tidak lagi terpaku pada rumus buku ataupun rumus yang diberikan oleh guru. Oleh karena itu dibuatlah sebuah produk pengembangan bahan ajar berupa LKS REACT. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa LKS yang valid, praktis, dan efektif, serta dapat memfasilitasi kemampuan berfikir kreatif matematis siswa pada materi aritmatika sosial. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Teknologi Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian adalah para ahli materi dan ahli media pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru, serta siswa SMP Teknologi Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII 1 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan LKS berbasis REACT serta kelas VII 2 sebagai kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran konvensional. Objek penelitian adalah LKS matematika berbasis REACT ,Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LKS berbasis REACT yang dikembangkan tergolong dalam kategori valid (79) dan sangat praktis ( untuk kelompok kecil dan untuk kelompok besar). Sedangkan nilai sebesar dan nilai pada taraf signifikan sebesar maka atas, sehingga diterima dan ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan berfikir kreatif matematis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS berbasis REACT telah valid, praktis dan efektif. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Relating, Experiencing, Applying, Cooperating and Transferring (REACT), Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis, Pengembangan, SMP.