Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan strategi diskusi stix di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 001 Sawah Kampar Utara. Dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa diantaranya siswa kurang berinisiatif untuk bertanya, kurang menjawab pertanyaan guru dan kurang mengerjakan tugas yang diberikan guru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi diskusi stix dan keaktifan belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis statistik deskriptif dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian analisis data menunjukkan keaktifan belajar siswa sebelum tindakan hanya 70%. Kemudian setelah menerapkan strategi diskusi stix pada siklus I pertemuan 1 keaktifan belajar siswa hanya 73,33%. Kemudian meningkat menjadi 76,67%. Pada siklus II keaktifan belajar siswa hanya 81,67%. Kemudian meningkat menjadi 86,67%. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi diskusi stix dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dikelas IV Sekolah Dasar Negeri 001 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Strategi Diskusi Stix, Keaktifan, Ilmu Pengetahuan Alam