Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran Matematikamelalui penggunaan strategi Memancing Ikan Kelas IV Sekolah DasarNegeri 09 Buatan Baru Kecamatan Kerinci Kanan Kabupaten Siak. Penelitian ini dilatarbelakangiolehrendahnya minat balajar siswadiantaranya, hanya beberapa siswa yang menyelesaikan tugas-tugas belajar,hanya beberapa siswayang berpartisipasi dalam kelompok saat belajar Matematika dan siswa kurang memperhatikan keterangan guru pada saat guru menjelaskan materi pembelajaran di karenakan mengantuk.Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa.Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penggunaan strategi memancing ikan dan minat belajar siswa.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.Sedangkan teknik analisis data yang digunakan analisis statistic deskriptif.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa strategi memancing ikan dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini dapat diketahui pada sebelum tindakan rata-rata persentase 48%, setelah dilakukan tindakan pada siklus I mencapai 66%. Pada siklus II meningkat menjadi 86%. Dengan demikian strategi memancing ikan dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 09 Buatan Baru Kecamatan Kerinci Kanan Kabupaten Siak tahun pelajaran 2017-2018. Kata Kunci : Minat Belajar, Strategi Memancing Ikan, Matematika