PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU AL FITYAH PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh persepsi siswa tentang kepribadian guru Pendidikan Agama Islam terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Al Fityah Pekanbaru. Persepsi siswa tentang kepribadian guru sebagai variabel bebas (X), dan minat belajar siswa sebagai variabel terikat (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI dengan jumlah 70 siswa, dan sampelnya menggunakan teknik Total Sampling atau sampel jenuh. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI sedangkan objek penelitian ini adalah persepsi siswa tentang kepribadian guru Pendidikan Agama Islam dan minat belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan teknik korelasi koefesien kontingensi. Berdasarkan hasil analisis diperoleh harga Phi ( ) adalah 0,492 dan dikonsultasikan dengan tabel “r” product moment ( dengan harga taraf signifikan 1% = 0,302 dan 5% = 0,232), maka harga Phi ( ) 0,492 lebih besar dari pada tabel “r”, baik pada taraf 1% maupun taraf 5%. Dalam artian Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga menandakan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang kepribadian guru Pendidikan Agama Islam terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Al Fityah Pekanbaru. Kata Kunci: Persepsi Siswa, Kepribadian Guru, Minat Belajar