Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kewibawaan guru Pendidikan Agama Islam dapat mempengaruhi akhlak siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kewibawaan guru Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tulang Kabupaten Siak. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu kewibawaan guru Pendidikan Agama Islam sebagai variabel bebas dengan simbol X dan variabel terikat dengan simbol Y. Subjek penelitian adalah siswa, sedangkan objek penelitian adalah kewibawaan guru Pendidikan Agama Islam dan akhlak siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 308 orang kemudian ditarik sampel sebesar 15% dengan jumlah 46 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data kewibawan guru dan akhlak siswa dilakukan melalui angket. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kewibawaan guru Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tulang Kabupaten Siak. Berdasarkan hasil perhituangan diperoleh r hitung (0,687) lebih besar dari r tabel baik pada taraf signifikan 5% (0,288) maupun pada taraf signifikan 1% (0,372). Dengan cara lain dapat dituliskan 0,288 < 0, 687 > 0,372. Adapun besarnya pengaruh (konstribusi) variabel kewibawaan guru Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak siswa sebesar 47,1%, selebihnya 52,9% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci: Pengaruh, Kewibawaan Guru, Akhlak Siswa