PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN TEKNIK KEPALA BERNOMOR UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs YAYASAN PEMBANGUNAN UMAT ISLAM (YPUI) TERATAK KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Fitri Susila,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1277/1/2011_2011732.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1277/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa . pada penelitian ini peneliti Menerapkan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Teknik Kepala Bernomor. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTS Yayasan Pembangunan Umat Islam (YPUI) Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar pada semester genab tahun ajaran 2010/2011. Pokok bahasan yang digunakan adalah bangun ruang sisi datar. Adapun pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar siswa. peneliti bertindak sebagai pelaksana tindakan, sedangkan observernya adalah salah satu dari guru MTs Yayasan Pembangunan Umat Islam (YPUI), yang diamati yaitu aktivitas guru dan aktivitas siswa. Data tentang hasil belajar siswa diperoleh melalui tes hasil belajar disetiap pertemuan. Adapun target keberhasilan dalam penelitian ini adalah 76% siswa tuntas secara klasikal. Berdasarkan analisi data disimpulkan bahwa Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Teknik Kepala Bernomor dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Yayasan Pembangunan Umat Islam (YPUI). ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa sudah mencapai target yang telah peneliti tetapkan yakninya 76% untuk ketuntasan klasikal, dengan rincian sebagai berikut : pada pertemuan awal (sebelum tindakan) rata-ratanya 57,75 dengan ketuntasan klasikal 35% sedangkan dengan Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Teknik Kepala Bernomor rata-rata hsail belajar siswa pada siklus I adalah 62,37 dengan ketuntasan klasikal 55%, sedangkan pada siklus II rata-rta siswa meningkat menjadi 66,25 dengan ketuntasan klasikal 70%, pada siklus III rata-rata siswa 74,62 dengan ketuntasan klasikal 84,61%. Dengan tercapainya target yang telah penulis tetapkan, maka Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Teknik Kepala Bernomor dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas VIII MTs Yayasan Pembangunan Umat Islam (YPUI) pada pokok bahsan Bangun Ruang Sisi Datar.