Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen dengan rancangan pretest dan posttest. Quasy eksperimen dapat digunakan minimal kalau dapat mengontrol satu variabel saja. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi laju reaksi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif Learning Start With A Question (LSQ) dengan menggunakan media Handout terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Tambang pada materi laju reaksi. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas XI IPA yang mempunyai tingkat homogenitas yang sama. Kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol, dimana pengambilan sampel ini menggunakan teknik simple random sampling. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini melalui observasi, tes data awal yaitu uji homogenitas dan tes data akhir yaitu pretest dan posttest, serta dokumentasi yang digunakan untuk memperkuat data yang diperoleh. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 81,21 sedangkan kelas kontrol adalah 78,53. Analisis data akhir pada penelitian ini menggunakan uji tes “t”, maka diperoleh nilai thitung = 2,39 dan ttabel = 2,00 pada taraf signifikan 5%. Nilai thitung > ttabel, sehingga Ho ditolak, dan Ha diterima yang berarti menunjukkan adanya pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif Learning Start With A Question (LSQ) dengan menggunakan media Handout terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Tambang pada materi laju reaksi, dengan koefisien pengaruh (Kp) sebesar 8%. Kata Kunci : Learning Start With A Question (LSQ), Hasil Belajar, Handout, dan Laju Reaksi .