PEMBELAJARAN AKTIF PERMAINAN PENCOCOKAN KARTU INDEKS PADA PELAJARAN MATEMATIKA SANTRI DI KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU

Main Author: Syafruddin,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1273/1/2011_2011689.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1273/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar yang signifikan pada santri kelas VII Madrasah Tsanawiyah Darul hikmah pekanbaru. Dalam Penelitian ini rumusan masalah “Apakah terdapat perbedaan hasil belajar yang cukup signifikan penerapan pembelajaran aktif permainan pencocokan kartu indeks pada santri kelas VII Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Pekanbaru pada pokok bahasan segi empat?”. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Pekanbaru yang berjumlah 63 santri, sedangkan objek dari penelitian ini adalah hasil belajar matematika santri melalui pembelajaran aktif permainan pencocokan kartu indeks. Tekhnik pengambilan data menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Tes dipergunakan untuk melihat ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar yang signifikan pembelajaran aktif permainan pencocokan kartu indeks jika dibandingkan dengan pembelajaran tanpa kartu indeks. Selanjutnya tes dianalis dengan menggunakan tes’t’. Analisis data hasil belajar menunjukkan perbedaan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, hal ini dapat dilihat dan mean kedua kelas, pada kelas eksperimen diperoleh mean 60,67, Berdasarkan hasil penelitian dan analisis percobaan, diperoleh kesimpulan bahwa dengan pembelajaran aktif permainan pencocokan kartu indeks dapat menimbulkan perbedaan hasil belajar yang lebih balk pada pokok bahasan segi empatjika dibandingkan dengan pembelajaran tanpa kartu indeks.