PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP INTERAKSI EDUKATIF PADA PEMBELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI OLAHRAGA PROVINSI RIAU
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya interaksi edukatif padahal guru sudah melakukan pengelolaan kelas yang seharusnya dapat meningkatkan interaksi edukatif, tetapi interaksi edukatif belum meningkat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Interaksi Edukatif Pada Pembelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri Olahraga Provinsi Riau. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Atas Negeri Olahraga Provinsi Riau. Objek penelitian Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Interaksi Edukatif Pada Pembelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri Olahraga Provinsi Riau. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 2 orang guru ekonomi dan 252 siswa Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 72 orang siswa yang diambil menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana. Hasil analisis data diperoleh nilai rhitung > rtabel baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% (0,677 lebih besar dari 0,232 dan 0,667 lebih besar dari 0,302) yang berarti bahwa terdapat pengaruh antara pengelolaan kelas terhadap interaksi edukatif pada pembelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri Olahraga Provinsi Riau. Besar persentase pengaruh pengelolaan kelas terhadap interaksi edukatif pada pembelajaran ekonomi sebesar 45,8%, sedangkan sisanya sebesar 54,2% dipengaruhi oleh faktor lain atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata kunci: Pengelolaan Kelas, Interaksi Edukatif.