PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU EKONOMI TERHADAP KEBIASAAN BELAJAR SISWA KELAS XI IPS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 11 PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh kompetensi kepribadian guru ekonomi terhadap kebiasaan belajar siswa kelas XI IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kompetensi kepribadian guru ekonomi terhadap kebiasaan belajar siswa kelas XI IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Pekanbaru. Populasinya adalah seluruh siswa Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial kelas X,XI dan XII yang berjumlah 366 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 114 siswa dengan menggunakan sartified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul sesuai dengan jenis penelitian ini yaitu variabel X dan Variabel Y bersifat ordinal yang kemudian diubah menjadi data interval, maka penulis menggunakan rumus Product Moment dengan bantuan perangkat komputer melalui program SPSS for windows versi 23.0 Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai rhitung > rtabel pada taraf signifikan 5% dan rhitung > rtabel pada taraf signifikasi 1% (0,1840< 0,518> 0,2403 )yang berarti bahwa terdapat pengaruh kompetensi kepribadian guru ekonomi terhadap kebiasaan belajar siswa kelas XI IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Pekanbaru. Besar persentase pengaruh kompetensi kepribadian guru ekonomi terhadap kebiasaan belajar siswa sebesar 26,8%, sedangkan sisanya sebesar 73,2% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci : Kompetensi Kepribadian, Kebiasaan Belajar.