Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan pembelajaran kontekstual (CTL) di kelas III Sekolah Dasar Negeri 012 Kampung Panjang Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa diantaranya siswa masih mengantuk ketika pembelajaran, siswa jarang mengajukan pertanyaan, siswa bermain ketika pembelajaran sedang berlangsung dan siswa hanya bersifat pasif dalam pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sebagai subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 012 Kampung Panjang. Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kontekstual dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik penelitian deskriptif dan perhitungan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat diketahui bahwa model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini dapat dilihat dari persentase sebelum tindakan hanya 35,20% dengan kategori “Sangat Rendah”. Kemudian setelah diterapkannya model pembelajaran kontekstual pada siklus I motivasi belajar siswa mencapai 45,20% dengan kategori “Rendah”. Pada siklus II motivasi belajar siswa meningkat menjadi 77,20% dengan kategori “Sangat Tinggi”. Dengan demikikan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kontekstual, dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kontekstual, Motivasi Belajar