PENERAPAN METODE STRATAGEM DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 PEKANBARU

Main Author: Marlina,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1265/1/2011_2011580.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1265/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 14 Pekanbaru setelah penerapan metode stratagem dalam pembelajaran kooperatif pada pokok bahasan segitiga. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 14 Pekanbaru pada pokok bahasan segitiga? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu pendidik berperan langsung dalam proses pembelajaran. Peneliti berkolaborasi dengan pendidik dalam mempersiapkan hal-hal yang berhubungan dengan proses pembelajaran mulai dari RPP, LKS, dan tahap refleksi proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.5 SMP Negeri 14 Pekanbaru Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 32 orang dan objek penelitian ini adalah peningkatan aktivitas belajar matematika melalui penerapan metode stratagem dalam pembelajaran kooperatif. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas belajar. Dalam penelitian ini, pertemuan ada 3 kali yaitu satu kali pertemuan tanpa tindakan dan 2 pertemuan dengan tindakan. Data yang diperoleh melalui observasi merupakan data ordinal. Untuk mengetahui apakah ada peningkatan aktivitas belajar matematika siswa, maka data tersebut dianalisis dengan memperhatikan indikator aktivitas belajar siswa sebelum tindakan dan sesudah tindakan dengan menggunakan Teknik Persentase. Dari hasil tersebut, dapat diketahui apakah terjadi peningkatan aktivitas atau tidak dari setiap siklus yang dilaksanakan. Berdasarkan hasil analisis data observasi, pada pratindakan, siklus I, dan siklus II berturut-turut diperoleh (0% ; 18.75% ; 90.6%) siswa yang mencapai ≥70,5%. Masing-masing indikator pada pratindakan dan siklus II berturut-turut diperoleh indikator 1 = (74.3% ; 82.5%), indikator 2 = (52.2% ; 70.6%), indikator 3 = (65.5% ; 75%), indikator 4 = (62.5% ; 74.3%), indikator 5 = (61.8% ; 85.6%), indikator 6 = (64.3% ; 75.6%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan aktivitas belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 14 Pekanbaru terjadi pada proses pembelajaran siklus I dan siklus II yaitu setelah penerapan metode stratagem dalam pembelajaran kooperatif pada pokok bahasan segitiga.