PENGARUH METODE PEMBIASAAN DALAM PERKEMBANGAN MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMA TERHADAP PERILAKU BELAJAR ANAK DI RAUDHATUL ATHFAL AL-MUTTAQQIN PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembiasaan dalam perkembangan moral dan nilai-nilai agama terhadap perilaku belajar anak di Raudhatul Athfal Al-Muttaqqin Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan Matching Pretest post-test Control Group Design untuk mengetahui perbandingan sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik usia 5-6 tahun RA Al-Muttaqqin, dan objek penelitian adalah pengaruh metode pembiasaan dalam perkembangan moral dan nilai-nilai agama terhadap perilaku belajar anak di Raudhatul Athfal AlMuttaqqin Pekanbaru. Populasi penelitian ini adalah anak didik di RA AlMuttaqqin Pekanbaru berjumlah 40 anak, dengan sampel berjumlah 20 anak yang terdiri dari kelas B1 yaitu kelas kontrol sebanyak 10 anak, dan B2 yaitu kelas eksperimen sebanyak 10 anak. Sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, yaitu dengan penentuan sampel melalui pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji t-test dengan menggunakan program SPSS Windows ver. 15. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung = 119,979 dengan Sig = 0,000. Karena nilai sig < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan setelah pemberian perlakuan dalam perkembangan moral agama terhadap perilaku belajar anak. jadi Ho ditolak Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh sebelum dan sesudah diberi perlakuan terhadap metode pembiasaan pada anak. pengaruh metode pembiasaan dalam perkembangan moral dan nilai-nilai agama terhadap perilaku belajar anak di Raudhatul Athfal AlMuttaqqin Pekanbaru sebesar 96,1 Kata Kunci: Perkembangan Moral dan Nilai-Nilai Agama, Metode Pembiasaan