PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN JURUSAN AKUNTANSI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 2 PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi masih belum maksimalnya minat belajar siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media visual terhadap minat belajar siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru prakarya dan kewirausahaan dan seluruh siswa jurusan Akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru sedangkan objek dalam penelitian ini Pengaruh Penggunaan Media Visual Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Jurusan Akuntasi di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan yang berjumlah tiga orang dan seluruh siswa jurusan Akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru yang berjumlah 336 siswa dengan tehnik pengambilan sampel dilakukan secara Simple Rondom Sampling. Sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa jurusan Akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru yang berjumlah 77 siswa. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah observasi angket dan dokumentasi. Untuk menganalisis data penulis menggunakan analisis Regresi Linier Sederhana. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa r hitung> r tabel baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% (0,227<0,800>0,296 ), sehingga Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media visual terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan jurusan akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Persentase sumbangan pengaruh Penggunaan media visual terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan adalah sebesar 64,0%. Sedangkan sisanya sebesar 36.% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Kata Kunci: Media Visual, Minat Belajar Siswa