Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman konsep matematis siswa SMA Negeri 2. Pemahaman konsep sangat penting dalam pembelajaran, karena dengan penguasaan konsep siswa akan memiliki bekal dasar yang baik untuk mencapai kemampuan yang lain seperti penalaran, komunikasi, koneksi dan pemecahan masalah. dalam hal ini diperlukannya pembelajaran yang berinovasi untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Oleh karena itu dibuatlah sebuah produk pengembangan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa Berbasis Multiple Intelligences. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa lembar kerja siswa dalam pembelajaran matematika yang valid, praktis, dan Efektif, serta dapat memfasilitasi Pemahaman konsep matematis siswa pada materi lingkaran. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 tahun pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian adalah para ahli materi dan ahli media pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru, serta siswa SMA Negeri 2. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan lembar kerja siswa berbasis Multiple Intelligences serta kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran konvensional. Objek penelitian adalah lembar kerja siswa matematika berbasis Multiple Intelligences, Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas lembar kerja siswa berbasis Multiple Intelligences yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (93, 5%) dan sangat praktis (94,05% untuk kelompok kecil dan 95,81% untuk kelompok besar). Sedangkan nilai