PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Realistic Mathematics Education (RME) yang valid, praktis dan mampu memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi himpunan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Development, Dessiminate). Penelitian ini dilakukan di SMP Telekomunikasi Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A. Objek penelitian ini adalah Lembar Kerja Siswa berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas untuk mengetahui tingkat kevalidan produk, angket uji praktikalitas untuk mengetahui tingkat kepraktisan produk serta data hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah menggunakan Lembar Kerja Siswa berbasis Realistic Mathematics Education (RME). Data diperoleh melalui proses validasi oleh validator, proses praktikalitas oleh siswa, dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif. Lembar Kerja Siswa hasil pengembangan telah teruji dengan tingkat kevalidan 87,84% (sangat valid), tingkat kepraktisan 83,67% (sangat praktis) pada kelompok kecil dan 87% (sangat praktis) pada kelompok terbatas serta tingkat kemampuan pemahaman konsep matematis siswa 89.07% (sangat baik). Hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa Lembar Kerja Siswa yang dikembangkan telah valid, praktis, dan mampu memfasilitasi pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis